Rabu, 29 Juni 2011

volkswagen #kel.MOG


PROFIL VOLKSWAGEN 
Volkswagen (biasa disingkat VW) adalah sebuah pabrikan otomotif berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman. Volkswagen didirikan oleh Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront) pada tahun 1937. Volkswagen merupakan merk asli dari Volkswagen Group, yang juga membawahi beberapa merk mobil lain seperti Audi, Bentley Motors,Bugatti Automobiles, Automobili Lamborghini, SEAT, Škoda dan sebuah pabrikan kendaraan komersial Scania. Tahun 2009, Supervisory Board dari Volkswagen AG mengesahkan pendirian sebuah grup otomtif yang terintegrasi dengan Porsche di bawah naungan Volkswagen. Nama Volkswagen sendiri dalam bahasa Jerman berarti "mobil rakyat". Tagline Volkswagen saat ini adalah Das Auto (dalam bahasa Inggris The Car). Moto sebelumnya adalah Aus Liebe zum Automobil (artinya : Kecintaan kepada Mobil).
·         Latar Belakang Munculnya Volkswagen
                        Sampai pada awal 1930-an pabrikan otomotif Jerman masih banyak terdiri dari pabrikan mobil mewah, dan rata-rata orang Jerman tidak bisa membeli lebih dari sebuah motor. Melihat sebuah pasar potensial, beberapa pabrikan membuat projek independen untuk “mobil rakyat” seperti Mercedes' 170H, Adler AutoBahn, Steyr 55, Hanomag 1.3L, dan lainnya. Tapi, sampai tahun 1933, banyak dari projek tersebut masih dalam pengembangan atau produksi tahap awal. Adolf Hitler menyatakan akan membuat sebuah “mobil rakyat”. Hitler menginginkan sebuah mobil standar berkapasitas 2 dewasa dan 3 anak dan berkecepatan 100 km/jam (62 mil/jam). Insinyur yang terpilih untuk mengembangkan projek mobil ini adalah Ferdinand Porsche. Pada saat itu Porsche sudah menjadi desainer Mercedes 170H dan juga pernah bekerja pada Steyr untuk beberapa saat akhir 1920an. 22 Juni 1934, Dr. Ferdinand Porsche setuju untuk membuatkan mobil rakyat tersebut untuk Hitler sehingga didirikanlah pabrik mobil Volkswagen
·         Produksi Awal Volkswagen
                        Prototipe mobil tersebut muncul tahun 1936 dengan nama “KdF-Wagen”. Mesinnya sudah berpendingin udara, 4 silinder, dan terletak di belakang. Nama perusahaan pun dibuat dengan nama Gesellschaft zur Vorbereitung des Deutschen Volkswagens mbH pada 28 Mei 1937. Tanggal 16 September 1938 namanya diganti menjadi "Volkswagenwerk GmbH". Bangunan pabriknya sendiri dimulai 26 Mei 1938 di sebuah kota bernama KdF-Stadt (sekarang Wolfsburg). Sayangnya pabrik ini hanya memproduksi sedikit mobil karena Perang Dunia II pecah pada 1939. Salah satu produksinya, Type 1 Cabriolet dipersembahkan pada Hitler tanggal 20 April 1938, di ulang tahun Hitler ke 49. Ketika Perang Dunia II mulai, pabrik tersebut digunakan untuk memproduksi kendaraan militer. Tapi, pertengahan perang, kota KdF-Stadt beserta pabriknya di bom hingga rusak berat.
·         VW Setelah Berakhirnya Perang Dunia II
                        Setelah  perang dunia II berakhir, pabrik VW dibangun kembali hingga pada tahun 1946 produksinya sudah 1000 unit per bulannya. Tahun itu, pabrik VW ada di bawah kontrol Inggris. Baru tahun 1948, pabrik itu diserahkan pada Jerman,dan menjadi roda penggerak ekonomi utama bagi Jerman Barat. Bahkan, produksi Volkswagen Beetle Type-1 mencapai 1 juta unit tahun 1955.
·         Produk Volkswagen
A.    SHANGHAI VOLKSWAGEN
                        Shanghai Volkswagen terletak di Anting International Auto,Kota di barat laut kota Shanghai, Shanghai Volkswagen Automotive Co, Ltd (SVW) menempati seluas 3.330.000 m2, dengan luas bangunan 900.000 m2. Currently having a product lineup made up of six series out of five passenger car platforms of Santana B2, Santana3000, Passat, Polo, Gol and Touran, SVW is one of the largest car-making bases in China with an annual production capacity of over 450,000 units. Saat ini perusahaan ini memiliki produk terdiri dari enam seri dari mobil penumpang Santana, Santana3000, Passat, Polo, dan VW Touran Golf. SVW merupakan salah satu pabrik mobil terbesar di China dengan kapasitas produksi tahunan lebih dari 450.000 unit.  Growing BusinessEstablished in March 1985, SVW is the first car-making joint venture after China began it    reform and opened to the outside world.Didirikan pada Maret 1985, SVW adalah perusahaan pertama yang membuat mobil setelah China mulai membuka diri pada dunia luar. The Chinese shareholders own 50% of the interest and the German shareholders own the other 50%, and the term of the joint venture contract was 25 years.



a)                   Pengelolaan Operasi
SVW membentuk tata letak produksi dari empat daerah produksi utama, yaitu Pabrik Mobil 1, Mobil Plant 2, 3 Pabrik Mobil dan Engine Plant, ditambah pusat teknis. The company boasts a lot of world-class manufacturing facilities and techniques, ie the modular assembly line and online laser inspection equipment that ensure a stable manufacturing of high quality products, the fully automatic press lines plus the two 2000T high-precision multi-work bay press machines unique in China that ensure manufacturing precision; a good number of welding robots and modern welding technologies that ensure the rigidity and precision of car bodies; double galvanized sheet metal and modern waxing technique plus advanced car painting technique and automatic painting equipments that lengthen the anti-corrosion period of the car. Perusahaan ini menawarkan banyak fasilitas manufaktur kelas dunia dan teknik, yaitu jalur perakitan modular dan laser, peralatan inspeksi online yang memastikan produk berkualitas tinggi, Pada tahun 1995, SVW menjadi produsen mobil pertama di Cina yang memperoleh ISO 9001 . In 2001, SVW passed in succession the VDA6.1 (Quality standard for Germany's car-making industry) and the ISO 9001 accreditation (2000 Edition). Pada tahun 2001,  Pengendalian Mutu SVW merupakan yang terbesar dan paling maju di Cina, dimana pengukuran mutu dilakukan secara modern dengan sistem digital. SVW telah melakukan investasi sebesar 2 miliar Yuan di fasilitas perangkat keras selama beberapa tahun terakhir:
Fasilitas ini merupakan fasilitas canggih untuk pengembangan independen dari badan mobil dan mesin yang sesuai dengan sistem kelistrikan dan chassis. kontrol kualitas diinstal dengan peralatan tingkat dunia untuk pengujian logam, non-logam dan kelistrikan. Pada tahun 2003,SVW memproduksi mobil bernama Vw Polo mobil ini diekspor ke Australia, sedangkan pada tahun 2004 SVW Memproduksi Vw Santana,yang merupakan produk SVW yang paling laris sampai saat ini. Ini dikarenakan karena Santana dibuat menggunakan pola pengembangan yang luar biasa karena didasarkan pada pola konsumsi negara berkembang.
b)                  KemitraanThe birth of SVW put an end to China's history of making cars behind closed doors at a low technical level anblazed a path of utilizing foreign capital and introducing overseas technology for an accelerated development of the Chinese car-making industry.In the past 20 years, SVW kept accumulating capital on its own and expanding the business without a stop, setting a new mode of development for the Chinese car-making industry.             KerK
c)Kjjjkkkkkkkkkkjjjjj aakk
S
SVW merupakan kerjasama lintas budaya dan teknologi antara   antaraa     Jerman dengan Cina yang boleh dibilang sangat sukses.  SVW adalah produsen mobil pertama yang menerima "Penghargaan Manajemen Mutu Nasional" yang dikeluarkan oleh China Quality Management Association untuk pertama kalinya. Over the years SVW has set quite a number of records in the Chinese passenger vehicle industry. Pada tanggal 5 Juli 2005, SVW telah berhasil memproduksi 3 juta mobil sehingga membuat SVW menjadi produsen mobil pertama di Cina yang mewujudkan output total sebanyak 3 juta mobil. Pada tahun 2001  SVW meluncurkan dan melaksanakan proyek Customer Relationship Management (CRM) sehingga dalam lima tahun terakhir terpilih sebagai pemenang Best Enterprise Implementasi CRM dalam industri pembuatan mobil Cina. As a major step of the CRM implementation, the opening of the new after-sales service hot line 10106789 in September 2005 enabled SVW to integrate the pre-sales and after-sales call centers. Consequently more standardized services are offered to the customers, instant responses are given to various inquiries and suggestions, and individualized services are realized for the whole lifetime of the vehicles through the follow-up services.Pada bulan Oktober 2005, SVW memperkenalkan layanan baru berjudul "Techcare",layanan yang menggabungkan pembelian kendaraan, pemeliharaan, penggantian dan dekorasi ke dalam rantai layanan secara keseluruhan, sehingga customer  dapat menikmati layanan ekstra dari produsen. The professional and systematic sales service, transparent and trustworthy used-car replacement, convenient auto financing, individualized accessories supply and car owner clubs that hold the users together and maintain their loyalty to the brand, along with the standardized professional service of SVW, constitute the six mainstay of SVW's service brand that “meets the VW standard and offers lifelong carefree enjoyment”. Layanan penjualan profesional dan sistematis, transparan dan terpercaya merupakan program unggulan produk ini.  Dalam bidang DalamDTanggung Jawab Sosial selain  menyediakan konsumen produk kelas satu bagi konsumen SVW  juga berkomitmen untuk meminimalkan dampak lingkungn yang dihasilkan dari produk mereka.dan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. SVW became the first car-maker in China to obtain the ISO14001 Environment Management Authentication Certificate in December 1997. SVW menjadi pembuat mobil pertama di Cina untuk yang memperoleh Manajemen Lingkungan ISO14001 Sertifikat Otentikasi pada Desember 1997. SVW mempunyai fokus untuk memproduksi mobil ramah lingkungan yang memberikan kenyamanan dengan keselamatan sehingga semua mobil buatan SVW telah memenuhi peraturan emisi gas buang euro 2. Selain itu SVW jg mempunyai andil dalam kegiatan             budaya dan olahraga  In the course of 20 years' development, SVW has donated altogether RMB 160 million yuan in sponsoring the charities, cultural and educational activities, public health, sports, etc, thus playing a leading role in promoting the economic and spiritual development of the society and receiving appraisal from the public at large. Dalam kegiatan   ini SVW telah menyumbangkan 160 juta yuan untuk mensponsori kegiatan amal, budaya dan pendidikan, kesehatan masyarakat, olahraga, dll, sehingga SVW memperoleh penilaian yang sangat baik dari masyarakat Cina.

B.     VW MEKSIKO
Volkswagen de Mexico SA de CV, merupakan anak perusahaan dari Volkswagen yang didirikan pada tahun 1964 di pinggiran Puebla yang mempekerjakan 14,900 orang. Pabrik Volkswagen ini adalah perusahaan terbesar di Meksiko. Di pabrik ini diproduksi beberapa model seperti Jetta , Bora , New Beetle dan Model Golf Variant . Pabrik ini adalah pabrik yang sangat strategis dan penting bagi Volkswagen Group dan merupakan pabrik yang terbesar kedua di luar Jerman yang memproduksi kendaraan untuk diekspor ke lebih dari 120 negara di seluruh dunia. Sejak tahun 2000 produksi VW Meksiko berkurang akibat rendahnya penjualan di AS. Akan tetapi pada tahun 2007 produksi pabrik ini kembali meningkat mencapai  411,000 kendaraan. Bahkan pada tahun 2008 VW Meksiko telah berhasil memproduksi sebanyak satu juta New Beetle. Pada tahun 2008 VW Meksiko menjadi produsen mobil nomor empat di pasar Meksiko setelah General Motors , Nissan dan Ford Motor Company. Pada tahun 2008 Volkswagen de Mexico memiliki pangsa pasar sebesar 18,2% di pasar Meksiko. Pada akhir tahun 2008 volume perakitan mencapai 450,802 unit. Total volume produksi,yang mencapai 378,288 unit ditujukan untuk pasar ekspor; sebanyak 152,562 unit dikirim ke Eropa , 156,032 unit dikirim ke AS dan Kanada , sekitar 48,726 unit ke Amerika Selatan dan  20,968 unit untuk pasar Asia. Sedangkan sisanya  72,514  unit dijual untuk pasar domestik Meksiko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar